Download Gratis ALMETPEDIA Sekarang

Download Soal UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) tahun 2018

Soal UMPN 2018 - Tak terasa sudah enam semester saya menimba ilmu di Politeknik Negeri Jakarta atau sering di sebut PNJ  yaitu kampus yang berada satu kawasan dengan Universitas Indonesia. Perkenalan singkat saya merupakan seorang Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta yang baru masuk pada tahun ajaran baru 2014. Saat ini alhamdulillah saya sudah lulus kuliah dengan gelar D3 (Diploma 3),,,, Dulu perjuangan saya untuk masuk ke PNJ penuh dengan suka duka, pasalnya saya harus bersaing dengan peserta ujian yang lain yang kalau tidak salah waktu itu peserta ujiannya mencapai ribuan orang dengan perbandingan satu peserta harus mampu mengalahkan empat peserta lainnya agar bisa masuk ke PNJ. Namun dengan kerja keras dan doa serta niatan yang sungguh - sungguh Alhamdulillah saya bisa lolos UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri Jakarta) dan masuk di jurusan Teknik Elektro.

Oh ya, ngomong - ngomong kalian semua sudah mengenal tentang PNJ ? kalau ingin tahu tentang jurusan apa saja yang ada di PNJ Anda bisa membaca terlebih dahulu Artikel saya yang membahas tentang Politeknik Negeri Jakarta. Lanjut cerita, waktu itu saya mengalami kesulitan dalam mencari soal -soal UMPN tahun lalu, hingga pada akhirnya saya menemukan sebuah blog yang memberikan jawaban atas kesulitan saya tersebut.

Dan sekarang setelah saya bisa masuk di PNJ saya ingin berbagi pengalaman dengan Anda semua dengan memberikan soal - soal tahun lalu.

Mata Pelajaran Soal UMPN Rekayasa dan Tata Niaga

Baiklah, sekarang saya akan menjelaskan mengenai Soal UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Soal UMPN pada dasarnya terbagi menjadi 2 bagian yaitu soal Soal Rekayasa dan Soal Tata Niaga. Lalu apa perbedaan antara Soal Rekayasa atau Soal Tata Niaga tersebut? Berikut ini akan saya jelaskan pada penjelasan di bawah ini, silakan disimak baik-baik.

1. Soal UMPN Rekayasa

Soal UMPN Rekayasa adalah soal yang diujikan kepada para peserta UMPN yang memilih program studi yang ada dalam Jurusan Rekayasa atau jurusan teknik, diantaranya terdiri dari Jurusan Mesin, Jurusan Elektro, Jurusan Sipil, Jurusan Informatika dan Komputer, dan lainnya.

Untuk Soal UMPN Rekayasa ini terdiri dari 4 mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jumlah total untuk Soal UMPN Rekayasa ini adalah 100 soal dimana terdiri dari :
  • 30 soal Matematika
  • 30 soal Fisika
  • 20 soal Bahasa Indonesia
  • 20 soal Bahasa Inggris.

Namun, ada sebagian Politeknik yang menambahkan mata pelajaran Kimia pada Soal UMPN Rekayasa. Akan tetapi jumlah keseluruhan soalnya tetap 100 soal.

2. Soal UMPN Tata Niaga

Soal UMPN Tata Niaga merupakan soal yang diujikan kepada para peserta UMPN yang memilih program studi yang terdapat dalam Jurusan Tata Niaga atau jurusan non teknik, diantaranya adalah Jurusan Akutansi, Jurusan Administrasi Niaga, Jurusan Grafika dan Penerbitan, dan lainnya.

Untuk Soal UMPN Tata Niaga ini terdiri dari 5 mata pelajaran yaitu Matematika, Akuntansi, Ekonomi Terapan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jumlah total dari Soal UMPN Tata Niaga adalah 100 soal dimana terdiri dari :
  • 30 soal Matematika
  • 15 soal Akuntansi
  • 15 soal Ekonomi Terapan
  • 20 soal Bahasa Indonesia
  • 20 soal Bahasa Inggris.

Pada setiap tahunnya Soal - soal UMPN baik Soal Rekayasa atau Soal Tata Niaga memiliki kemiripan dalam segi materi. Artinya, materi soal yang keluar tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, soal-soal tahun lalu bisa menjadi referensi belajar Anda untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian tulis UMPN.

Soal UMPN Rekayasa dan Soal UMPN Tata Niaga

Sebelum saya memberikan informasi mengenai Soal dan Pembahasan UMPN Tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018. Saya akan bagikan terlebih dahulu file Soal dan Pembahasan UMPN Tahun 2007 sampai dengan 2014 berikut ini.

1. Soal UMPN Bidang Rekayasa

Untuk Kumpulan Soal UMPN Rekayasa dan Pembahasannya dari tahun 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2014 bisa Anda download dalam bentuk PDF di folder RAR dengan menekan tombol berikut :


2. Soal UMPN Bidang Tata Niaga

Untuk Kumpulan Soal UMPN Tata Niaga dan Pembahasannya dari tahun 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2014 bisa Anda download dalam bentuk PDF di folder RAR dengan menekan tombol berikut :


Soal UMPN dan Pembahasannya Tahun 2015, 2016, 2017, 2018

Untuk Soal dan Pembahasan UMPN 2015, 2016, 2017 dan 2018 sudah saya rapikan menjadi satu buku dengan ukuran A4. Harga untuk Soal UMPN Rekayasa ataupun Soal UMPN Tata Niaga adalah Rp55.000, nantinya Anda akan mendapatkan :
  • Soal UMPN Rekayasa atau Tata Niaga Tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018
  • Pembahasan Soal UMPN Rekayasa atau Tata Niaga 2015, 2016, 2017 dan 2018
  • Bonus Materi (softcopy)
  • Tips dan Trik memilih jurusan
  • Strategi menjawab soal
  • Ebook Tips Lulus Seleksi UMPN
  • Lembar Catatan

Soal UMPN Rekayasa dan Pembahasannya
Soal UMPN Tata Niaga dan Pembahasannya

Bagi teman-teman yang berminat membeli Buku Soal UMPN Rekayasa dan Pembahasannya atau Soal UMPN Tata Niaga dan Pembahasannya tahun (2015, 2016, 2017 dan 2018), perlu kami informasikan bahwa Mentor Belajar HANYA bekerja sama dengan Qidvo sebagai mitra penjualan Buku Mentor Belajar UMPN. Nantinya teman-teman bisa membeli via :
  • Shopee
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • WhatsApp
  • Line
  • Telegram
teman-teman bisa memilih salah satu pilihan di atas dengan mengunjungi halaman berikut :


Silahkan lihat Testimoni dan Aktivitas Harian Kami di link 

Menempuh jenjang ke perguruan tinggi sangat dianjurkan bagi kalian yang memiliki bakat atau kemauan yang tinggi, pasalnya kampus merupakan simulasi kecil kehidupan yang ada di masyarakat. Pemilihan perguruan tinggi juga tidak boleh sembarangan, semuanya harus dipikirkan matang-matang.

Sebelum menentukan pilihan ada baiknya Anda banyak-banyak mencari informasi mengenai jurusan atau kampus yang akan Anda pilih. Mintalah saran dari keluarga, kerabat, teman atau kakak kelas dalam menentukan pilihan Anda.

Masa depan tidak ditempuh semudah membalik telapak tangan, tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa kerja keras. Semua harus melalui proses yang bertahap yang harus di jalani dengan tekun dan sabar disertai dengan keyakinan dan doa.

Bagi Anda yang sudah bertekat bulat untuk menempuh jenjang perguruan tinggi di politeknik semoga artikel yang membahas tentang Soal UMPN dapat bermanfaat bagi Anda.